15 November 2008

Jaga Wudhu Yuk :)


Wudhu ... hmmm ternyata pekerjaan ringan yang memiliki kedahsyatan manfaat. Apa kita berwudhu hanya ketika hendak shalat, membaca quran, dan ketika mau masuk masjid aja??? Yuk kita coba sharing tentang ini :)

Kita tentu ingat dengan Bilal. Siapakah dia? Kenapa suara terompahnya bahkan sudah terdengar di surga oleh Rasulullah, bahkan ketika dia masih hidup. Ternyata amal unggulan Bilal adalah selalu menjaga wudhunya.

Kita tentu juga ingat seorang sahabat yang ketika datang ke majelis Rasulullah, Rasulullah sebelumnya selalu mengabarkan, "Sebentar lagi akan datang seorang ahli surga ke majelis kita ini." Dan setelah ditunggu-tunggu, selalu sahabat ini yang datang (Bilal). Hingga kemudian ada yang berinisiatif melakukan investigasi, gerangan amal apakah yang menyebabkan Rasulullah menyebutnya sebagai ahli surga?

Sederhana sekali, begitu mungkin kata-kata yang muncul dalam benak kita. Tapi sesungguhnya di situlah letak istimewanya. Sebuah amal yang barangkali sederhana, namun jika ia dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan menjadi sesuatu yang dilakukan terus-menerus, maka insya Allah ia akan menjadi penyelamat kita dari azab neraka kelak di yaumil qiyamah.


Keutamaan Wudhu banyak sekali :

Bersuci merupakan sebagian dari iman
“Bersuci adalah sebagian dari iman”(HR. Muslim)

Wajah akan bercahaya di hari kiamat
aku pernah mendengar kekasihku Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : ‘Kemilau cahaya seorang mukmin (kelak pada hari kiamat) sesuai dengan batas basuhan wudhunya.

Dari Abu Hurairah radiallahuanhu, ia berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda : “Sungguh umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan (muka dan kedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu. Karenanya, barangsiapa dari kalian yang mampu memperbanyak kemilau cahayanya, hendaklah dia melakukannya (dengan memperlebar basuhan wudhunya)” (HR. Bukhari Muslim)

Menggugurkan dosa-dosa kecil serta meninggikan derajat
Maukah kalian aku beritahukan tentang sesuatu yang dengannya Allah akanmenghapuskan dosa-dosa kalian dan meninggikan derajat kalian? Para sahabat menjawab : Mau, ya Rasulullah. Kemudian beliau pun berkata : “Yaitu dengan menyempurnakan wudhu’ dari hal-hal yang bersifat makruh, banyak melangkah menuju masjid dan menunggu waktu shalat setelah shalat (tahiyatul masjid). Yang demikian itu adalah ikatan (perjanjian).” (HR.Muslim)

Barangsiapa wudhu secara sempurna, maka dosa-dosanya akan gugur dari jasadnya hingga keluar juga dari bawah kukunya”(HR.Muslim)

Menghapuskan kesalahan-kesalahan
Apabila seorang hamba berwudhu, lalu berkumur, maka dikeluarkanlah (dihapuskan) kesalahan-kesalahan itu dari mulutnya. Apabila ia memasukkan air ke rongga hidung, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari hidungnya. Apabila ia membasuh wajahnya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan yang pernah ia perbuat dengan wajahnya, sehingga kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi keluar dari bawah tempat tumbuhnya rambut dari kedua matanya. Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari kedua tangannya, sehingga kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi dari bawah (celah) kukunya. Apabila ia mengusap kepalanya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari kepalanya, sehingga kesalahan-kesalahan itu keluar dari kedua telinganya. Apabila membasuh kedua kakinya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan tersebut dari kedua kakinya, sehingga kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi dari bawah kuku-kuku kedua kakinya. Kemudian perjalanannya ke masjid dan shalatnya merupakan nilai ibadah tersendiri baginya” (HR. Imam Malik, An-Nasaai, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Mendorong dibukanya pintu syurga
Tidaklah seseorang dari kalian berwudhu secara sempurna, lalu mengucapkan : Asy-hadu allaa ilaha illallooh wahduu laa syarika lah wa asy-hadu anna MuHammadan ‘abduhu wa rosuuluh, melainkan kelak akan dibukakan untuknya 8 pintu syurga yang kepadanya dipersilakan untuk masuk melalui pintu mana saja yang ia sukai

Ternyata Islam memang agama yang suci dan sangat menginginkan kita sebagai penganutnya juga menjaga kesucian diri. Demikian hebat manfaat wudhu, nggak ada salahnya kita jaga terus wudhu kita, baik wudhu lahir maupun batin. Yuk mulai sekarang :)

Referensi :
http://www.kotasantri.com
http://ustadzkholid.wordpress.com
http://jilbab.or.id
http://mandacutie.wordpress.com

Tidak ada komentar: