13 Oktober 2008

Jalan2 : Kidzania ... didik anak memilih cita2 mereka

Bertempat di Pacific Place lantai 6 terdapat sebuah dunia kecil yang memang diperuntukkan buat si kecil (s.d. 14 tahun), dunia itu bernama "Kidzania".

Tiap pengunjung diberikan waktu untuk mengeksplorasi dunia Kidzania ini selama 5 jam full. Memang harus merogoh kocek agak dalam yaitu Rp 155.000 per anak. Tapi pengunjung tampak terus berdatangan, terlihat dari beberapa lama saya di sana daftar antrian yang tak kunjung kosong.

Kenapa Kidzania ini begitu memesona anak ya?



Sebagai gambaran singkat, di dalam arena permainan terdapat puluhan profesi yang dapat dipilih semua anak, dari pembuat kue, salon kecantikan, peragawati, pemadam kebakaran, kasir, polisi, dokter, insinyur bangunan, dan lainnya.

Uniknya semua profesi benar-benar dibuat seperti dalam kondisi yang sebenarnya, dari setting tempat, peralatan, pakaian, dan semua detailnya. Tapi tentu saja dalam ukuran mini. Tiap profesi membutuhkan waktu 30-90 menit.

Dari tiap profesi si anak akan mendapatkan salary yang dibayarkan dalam bentuk tunai atau transfer. Ternyata tiap anak telah dibekali dengan kartu ATM yang memang di sana sudah terdapat ATM mini untuk bertransaksi.

Ini membuat anak lebih mengenal beraneka ragam profesi di dunia nyata kelak, tentu saja akan membuka wawasan mereka. Diharapkan bisa memacu mereka lebih giat dalam mencapai cita2.

Buat hadiah ulang tahun atau kenaikan kelas, nggak ada salahnya mengajak mereka jalan-jalan ke sini :)



Tidak ada komentar: