26 Oktober 2008

Belajar Tahsin Yuk :)

Pada suatu kesempatan saya mendengar seorang ustadz memberikan tausiyah mengenai seni membaca Alquran. Berikut petikan perkataan beliau :

"Akhi (saudaraku), tiap-tiap sesuatu memiliki hak yang wajib untuk dipenuhi. Seperti contohnya tubuh kita yang memiliki hak untuk memperoleh makanan, memperoleh istirahat, dan mendapatkan pakaian yang layak. Demikian pula dengan tiap-tiap huruf di dalam Alquran, mereka memiliki hak untuk dilafadzkan secara benar, sehingga Alquran dapat disuarakan dengan indah sesuai dengan yang seharusnya. Karena itulah kita harus belajar untuk dapat memenuhi hak-hak tiap huruf Alquran yang kita baca itu ... "

Sederhana sekali memang nasihat di atas. Ternyata tiap huruf Alquran itu memiliki teknik pengucapan yang spesifik, ini yang biasa kita kenal dengan makhraj. Ini semua harus dipelajari dengan khusus.

Misal, untuk huruf 'h' saja ada yang besar dan kecil dan pengucapannya keduanya sangat-sangat berbeda. Padahal jika dituliskan dlm huruf latin ya cukup huruf "h" saja.

Telah cukup banyak lembaga bimbingan belajar membaca Alquran tersebar. Mereka membimbing kita dari mengenal huruf, membaca indah dan benar (tahsin), hingga pada tingkat tahfidz (menghafal).

Buat kita yang ingin menjadikan Alquran benar2 sebagai imam kita, tidak ada kata terlambat untuk memenuhi hak Alquran untuk dapat dibaca dengan indah dan benar. Caranya ... ya belajar dong. Yuk belajar tahsin :)






2 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju bang, BTW gemana ya cara lemesin lidah gar bisa baca Alquran dengan benar baik Tajwid dan Mahrajnya. Terus terang saya masih kesulitan untuk dua hal tersebut pada hal saya sudah banyak baca buku panduan baca alquar toh masih susah juga, Tolong diksih tip2 nya donk.

ImanSulaimanBlog mengatakan...

Saya juga belum bagus bacaannya nih, makanya saya di sini menghimbau untuk ayo belajar bagi yang belum lancar orang2 seperti kita. Kata ustadz sih banyak berlatih aja :)

Oh ya untuk tip2nya ane kumpulin info dulu ya :)