11 Februari 2010

Selagi Mampu, Yuk Berbuat Baik ... !

Sumber Foto jannahsteps.com

"Sewaktu ada seseorang sakit atau bepergian, maka baginya ditulis beramal sebagaimana amal yang dilakukan sewaktu ia sehat"
(HR BUKHORI)

Beberapa kali mendampingi almarhum ayah ketika beliau dirawat di rumah sakit membuat saya tersadar begitu mahalnya harga sebuah kata "sehat" itu. Bahkan kesehatan itu tidak bisa dihargai dengan uang berapa pun nilainya.

Satu saja anggota tubuh kita didera penyakit, tentu seluruh tubuh akan merasa tidak nyaman. Sekalipun penyakit itu sepele semisal sakit kulit atau terluka kecil.

Karenanya kesadaran yang lebih akan begitu pentingnya kesehatan membuat saya mencoba sangat berhati-hati dalam menjaganya. Saya juga yakin demikian juga dengan kita semua.

Nah lantas apa ya hubungannya kesehatan dengan berbuat baik?

Perbuatan baik yang kita lakukan jika kita mampu melakukannya dengan rutin dan berkesinambungan ternyata membawa efek yang luar biasa. Dia akan lestari di mata Tuhan. Setidaknya itu yang kita tangkap begitu membaca kutipan hadits shahih di atas.

Kok bisa?

Jika selama kita sehat kita biasa Shalat Berjamaah On Time di masjid, kita biasa menjaga wudhu setiap saat, biasa bersedekah, ringan tangan dalam menolong teman dan saudara, biasa menyapa tetangga, biasa membagikan masakan istimewa kita ke tetangga, biasa menghadiri majlis ilmu, biasa berniaga yang lurus dan halal, dan kebiasaan baik lainnya .... maka ini adalah modal yang LUAR BIASA!!!

Kok bisa (lagi)???

Ketika suatu saat Allah menguji kita dengan penyakit hingga kita tak lagi mampu beraktifitas seperti biasa bahkan tak lagi mampu beranjak dari tempat tidur, ternyata ALLAH tidak menyia-nyiakan amalan baik kita selama sehat. ALLAH akan menghitung kita dengan pahala sebagaimana ketika kita sehat. SUBHANALLAH ...

Nggak hanya ketika sakit, bahkan ketika sedang dalam perjalanan jauh pun demikian. Wew ... betapa pemurahnya ALLAH.

So, selagi sehat, selagi mampu, selagi kita diberi keringanan dalam melakukanan kebaikan, selagi muda, selagi ada kesempatan Yuk kita selalu berbuat baik ... baik ... dan baik. Kata Aa Gym mulai dulu dari hal-hal yang mudah :)

Yuk temans, tunggu apa lagi :)




37 komentar:

iLLa mengatakan...

wohh,,, gitu toh..
seeplah,, bisa jadi penyemangat untuk terus berbuat baik selagi mampu. Lanjutkan dengan taujih yg lain stad :D

*ini komen serius :P

Iman Sulaiman mengatakan...

Eh ... ini iLLa bukan ya? (thinking)

Hehehe amien. ane juga baru tau hadits ini jadi begitu menggugah semangat untuk berbuat baik.

*sstt ini balasa yang nggak kalah serius*

dhodie mengatakan...

*mengangguk paham dan menjura takzim* (worship)

cici_silent mengatakan...

siiip!

Piecha mengatakan...

betul itu, maksih udah diingatkan, seringkali kalo udah dateng sakitnya baru tersadar..

Iman Sulaiman mengatakan...

@Dhodie Menjura? *bahasanya tingkat tinggi nih* (worship)

Iman Sulaiman mengatakan...

@Cici : Makasih, moga bermanfaat :)

Iman Sulaiman mengatakan...

@Piecha, iya bener selagi sehat yuk kita nabung kebaikan :)

richo mengatakan...

sepuluh..... mumpung belum terlambat, nambah pundi2 pahala

merry go round mengatakan...

OOoohhh...baiklaaahhhh....

Iman Sulaiman mengatakan...

Richo, yuk mumpung kita masih bisa
:)

Iman Sulaiman mengatakan...

Merry, yoi sis. Yuk selalu berbuat baik :)

webmaster informations mengatakan...

berbuat baik? kenapa tidak :)

Iman Sulaiman mengatakan...

Webmaster, sepatu!!! (sepakat dan setuju) hehehe

Isti mengatakan...

sehat itu terasa mahal kalau sudah ngalamin sakit. Yuks..berbuat baik selama sehat.

cipu mengatakan...

Well noted, mas Iman..... Semoga bisa terus menginspirasi.. Amiin

Okkots mengatakan...

Jadi tertohok.... HOK

Iman Sulaiman mengatakan...

@Isti, yoi sis. Yuk mari :)

Iman Sulaiman mengatakan...

@Cipu, alhamdulillah jika bermanfaat. Tetep saling mengingatkan aja bro :)

Iman Sulaiman mengatakan...

dari lepie saya yang super jadul si OKKOTS.COM nggak pernah bisa dibuka.... (cry)

Niat hati untuk komeng nggak kesampaian sampe sekarang huhuhu

Quinie mengatakan...

selagi mampu, yuk posting lagi (yang baik2) :D... xixiixix.. boleh kan?

Quinie mengatakan...

*ngakak baca komennya iLLa yang gimmmaaannnaa gitttuu :P*

Iman Sulaiman mengatakan...

@Ratu : ayo posting yg baik2 *eh emang pernah yg ga baik* (okok) hehehe

Iya baca komeng iLLa sempat tidak mengenal sesaat *lebay mode*. Makanya saya tanya ini iLLa apa bukan (haha)

bonk 181 mengatakan...

bersih pangkal sehat! yuk kita berbuat baik!

dian mengatakan...

terima kasin pencerahannya. selagi sehat... mari mari berbuat baik :D

gambar vektor mengatakan...

menjaga wudhu ini nih yang susah ya, man? semoga saya juga bisa mencoba

Iman Sulaiman mengatakan...

@Bonk181, benar banget bro, dengan bersih hati, pikiran, dan tubuh kita maka kita akan lebih mudah berbuat kebaikan. Karena Tuhan adalah Maha bersih dan Maha Suci.

Bro, tadi ane mampir diblognya. Kok nggak bisa koemntar ya?

Iman Sulaiman mengatakan...

@Dian, sama2. Pastinya kita harus syukuri kesehatan kita ya sis. Tetap semangat :)

Iman Sulaiman mengatakan...

@Gambar Vektor, untuk menjaga wudhu memang sulit awalnya. Namun kalau sudah terbiasa kalau nggak wudhu tuh rasaanya seperti habis buang air tapi nggak istinja/dibersihkan hehehe

mayasaridotnet mengatakan...

tulisannya ngingetin nasehat emak saya untuk selalu menjaga wudhu... ugh, jadi kangen emak dan alm.bapak...

Nice article, opa...

Iman Sulaiman mengatakan...

Mba May, wah memangnya Mak tinggal di mana?

Alhamdulillah kalo tulisan pendek ini ada manfaatnya. Pas denger ini di pengajian kok ya saya kesentil banget, jadi pingin sharing ke teman2 semua :)

ninneta mengatakan...

Hai,

datang mau ngucapin

happy lunar
happy valentine's day
happy ash wednesday

buat yang merayakan, yang nggak merayakan semoga bulan penuh cinta ini selalu membawa kebahagiaan dan kedamaian...

Ninneta

Iman Sulaiman mengatakan...

Makasih Mba Nin, moga kita selalu diliputi oleh kasih sayang :)

Elsa mengatakan...

hhm... iya ya.
betul juga

terima kasih sudah diingatkan.

Iman Sulaiman mengatakan...

Sama-sama Mba Elsa :)

anazkia mengatakan...

Assalamu'alaikum...

Kaifa haluk mas Iman...??? Afwan jiddan, lama sekali baru ke sini :( sekarang sering update yah? dulu, ko jarang up date makanya gak balik2 ke sini lagi *ngeles :D*

Betapa mahalnya, nikmat sehat itu. Semoga Allah menjaga kita dalam setiap kesehatan untuk selalu berbuat kebaikan. Insya Allah...

Btw, saya ini bukan bro, atau mas tapi sis alias cewek :D

Iman Sulaiman mengatakan...

@Sis Anazkia, Alhamdulillah khair :)

Iya kita harus menjaga nikmat sehat ini. Dan selagi sehat kita banyak2 berbuat baik :)

Alhamdulillah coba komit untuk posting minimal seminggu sekali hehehe.