25 Oktober 2009

Pesta Blogger 2009, pestanya para blogger?

Pesta Blogger 2009 merupakan ajang kopdar (kopi darat) akbar pertama para blogger setanah air yang saya ikuti. Sebagai sebuah pesta PB 2009 memang sengaja diformat secair (baca : fun) mungkin namun tetap berbobot. Sedangkan blogger di sini sebagai penyelenggara sekaligus peserta diharapkan benar-benar dapat terpuaskan dan mendapat sesuatu untuk dibawa pulang, setidaknya semangat kembali bergiat posting semakin tinggi.

Saya hadir ke PB 2009 ini dengan ojeg langganan dan tiba sekitar pukul 09.00 lewat sedikit. Supaya nggak ketahuan baru pertama kali ikutan PB saya menahan diri untuk nggak celingak-celinguk, berjalan lurus ke arah pintu masuk Gedung SMESCO yang terlihat ramai dan saya yakini merekalah para blogger setanah air yang tengah menantikan detik pesta untuk mereka (eh kami) akan dimulai. Beruntung setelah mendekat nampak muka-muka yang sudah akrab, mereka adalah teman-teman dari deBlogger yang pagi-pagi udah sesi narsis-narsisan hehehe.

Segera mendaftar di loket pendaftaran dan mendapatkan id card peserta, ceplokan stempel di tangan, serta sebuah goodie bag saya lalu mengambil kaos deBlogger yang sempat dititipkan ke Doni.

Setelah sempat bingung bareng-bareng karena nggak menemukan stand untuk deBlogger, akhirnya konfirmasi dari panitia bahwa stand untuk komunitas berada di luar/teras dan terletak paling pojok. Hiks ... otomatis ini adalah lokasi yang paling kecil kemungkinannya untuk dihadiri oleh peserta PB. Padahal teman-teman sudah menyiapkan semua dari Depok, baik spanduk, standing banner, kaos deBlogger, celengan GeForce ( Gopek for care), drop box untuk sumbangan buku, kebayang kan beratnya bawa barang-barang ini ...?

Memasuki area pameran, kesan pertama adalah penuh. Hmmm karena tempatnya yang terlalu kecil atau karena pesertanya ya yang kebanyakan? Stand yang ada juga nggak terlalu banyak, pastinya stand sponsor lah yang paling menonjol seperti Kedubes Amerika, Nokia, Speedy, XL, Acer, Detik, Tempo, dll. Disamping beberapa stand jualan di sana seperti kaos resmi dengan logo PB2009 yang batik itu.

Berpuas keliling pameran akhirnya pesta pun dibuka. Satu kejutan buat kami semua, Pak Tifatul Sembiring sebagai Menkominfo yang baru turut hadir di sini. Dalam sambutannya beliau menegaskan jaminan berekspresi bagi para blogger dan ini disambut meriah oleh kami. Bukan Pak Tifatul jika tak berpantun. Sebagai penutup sambutannya beliau berpantun manis : "Siapa berkata kasar, banyak orang menjadi gusar. Siapa berkata lembut, banyak orang jadi pengikut".

Acara berlanjut dengan sambutan dari Iman Brotoseno sebagai ketua penyelenggara didampingi oleh panitia lainnya yang tampil bak dayang-dayang di belakangnya :). Video blogshop di beberapa kota tampil ciamik memukau semua yang hadir, Pesta Blogger 2009 : One Spirit, One Nation. Sesi hiburan diisi oleh hip hop ala Panji yang sangat interaktif dan menghidupkan suasana.

Sesi Breakout yang saya pilih adalah Blogpreneur, wah peminatnya sepertinya lebih banyak dari yang lain. Sebagai pembicara adalah Pak Nukman, seorang pembicara bule, tokoh TDA, dan seorang Mba cantik pemilik blog fashion yang sukses. Saya nggak bisa tau namanya karena memang sound system di sini memang "amat sangat" parah, bahkan nyaris nggak terdengar. Beberapa peserta bahkan keluar karena memang sound nya tidak bisa dimaafkan. Tema dan materi yang demikian menarik disampaikan di sesi ini membuat saya tetap bertahan sambil konsentrasi penuh membaca gerak bibir setiap pembicara. Saya sempat celingak-celinguk mencari panitia yang mendiamkan kondisi seperti ini. Hmm sepertinya nggak ada ... hhhsss.

Singkat cerita akhirnya setelah break shalat ashar kita kembali kumpul bareng menunggu acara penutupan sekaligus acara yang paling ditunggu2, yaitu pengumuman pemenang blog contest, writing competition, photo contest, dan terpenting adalah pembagian doorprice. sayangnya dari sekian banyak doorprice yang dibagikan (netbook ACER, BB, Nokia ESeries, dan modem) saya nggak dapet, belum rejeki :)

Kita pun akhirnya bubar dengan penuh suka cita, ada perasaan senang, tercerahkan, namun kok ya kerasa ada yang kurang ya? Sampai saat ini saya belum bisa menjelaskan apa itu. Mungkin teman-teman yang hadir bisa membantu ... hehehe.

*Berharap PB tahun depan lebih menghargai eksistensi komunitas-komunitas blogger yang ada dan baru tumbuh, berharap porsi interaksi antar peserta lebih banyak dan diakomodasi, berharap pencerahan yang diberikan benar-benar memberikan spirit baru bagi semua. Pastinya berharap tahun depan lebih baik*

39 komentar:

antown mengatakan...

baru tahu kalo panji ternyata blogger juga. eh makasih ya kang sudah mampir ke blog sederhana saya. salam kenal juga. semoga kita bisa tetap silaturahim

atrix mengatakan...

ikutan PB tahun ini yah, seru yah event nya? Hehe, tahun in saya absen, krn ada acara lain. Nice blog, keep writing dan salam kenal rekan blogger :D

Iman mengatakan...

@Bro Antown, makasih juga telah mampir di blog sangat sederhana saya hehehe.

Eh si Panji itu kan MC PB 2008 bro kalo nggak salah, itu kata teman saya yang ikut tahun lalu.

Keep silaturahim juga ya :)

Iman mengatakan...

@Bro Atrix, kenapa nggak ikuta kemarin? Seru acaranya :)

Ane udah mampir dan meninggalkan jejak ya di blog bro. Keep silaturahim :)

gegepoweranger mengatakan...

yang kurang? serba kurang kali..yang lebih? bisa bertemu teman2 baru di sana..:D

Anonim mengatakan...

yup, kurang interaktif.

katakataku mengatakan...

kekurangan maupun kelebihan dalam suatu acara pasti ada, namun yang perlu diperhatikan (menurut saia) adalah apakah inti dari sebuah acara itu di dapatkan oleh para peserta atau tidak (secara langsung dari panitia ke peserta, dan tentunya bukan sebuah doorprize).

kalo saia secara keseluruhan acara dan kerasa banget alias bermakna (lol) adalah ketemunya dengan teman2 semua, walopun secara roundown acara panitia tidak memberikan sesi itu kepada peserta (doh) namun yang pasti karena adanya acara tersebut silaturahmi bisa terwujud.

leadership in new era malah berganti dengan Leading the Social News Revolution in Indonesia – Sponsored by Yahoo! dan isinya malah meme banget (doh) at last, we out dehhhhhh.....

Admin mengatakan...

Lam Kenal Bang.... :D, kok kite kagak ketemu ye dipesta blogger :D hix..ix..

Iman mengatakan...

@Gege, benar sekali. Kita bisa bertemu dengan blogger dari luar daerah. Saya sendiri ketemu teman dari Kalimantan selatan, mataram, surabaya, dll, termasuk akang Hadi dr Kuningan :)

Iman mengatakan...

@Ali, benar. Sepertinya interaksi antar peserta kurang diakomodasi oleh panitia ya.

Iman mengatakan...

@Bro AddieHF, memang kemarin banyak yang menyenangkan walaupun dalam beberapa hal tidak memuaskan. Tetap berharap PB tahun depan lebih baik lagi :)

setyo pranoto mengatakan...

semoga ke depannya lebih baik :D

Bintang Baju Bayi dan Anak mengatakan...

ngurusin banyak orang mang susah bro...jadinya kurang maksimal...tapi applause buat PB...makin menegaskan posisi blogger...

Iman mengatakan...

@anak muda, selamat datang di blog sederhana ane ya. Hmmm mungkin karena kita belum kenal kali ya bro hehehe

Iman mengatakan...

@Setyo, amien ya bro (worship)

sibaho way mengatakan...

tahun depan, moga2 saya dah bisa hadir :D

Iman mengatakan...

@Ocha, ya memang bener. Kalau kita di posisi panitia pasti juga pusing tujuh keliling hihihi

Alhamdulillah blogger kian mendapat tempat di masyarakat kita :)

Iman mengatakan...

@Bro Sibaho, kok nggak hadir, kenapa?

Sampai ketemu ya next PB, Insya Allah :)

amri mengatakan...

yang penting mah makan di kedai lele lela (mmm)

Anonim mengatakan...

Assalamu'alikum, Iman. dalam setiap acara pasti ada ya.. yg enak dan nggak enaknya, tapi kalau semua dinikmati dg enak Insya Alloh nikmat. Alhamdulillah Iman bisa ikut silaturakhim dan saling berbagi di Pesta Blogger. Dalam acara seperti itu pasti sangat sulit penagaturannya untuk dapat memuaskan seluruh pengunjung.
Semoga Pesta Blogger dapat memberikan manfaat bagi seluruh Blogger Amin

dhodie mengatakan...

Pesta Blogger 2009.... ah sudahlah :-D *mencoba memaafkan setulus hati atas kekurangan yang ada hihi*

Iman mengatakan...

@Amri, ya tuh ane belum cerita ttg tempat makan spesial lele itu yah hehehe

Iman mengatakan...

@Anonim, saya Alhamdulillah mensyukuri kok ikut PB2009 kemarin. Cuma karena ingin ke depan lebih baik lagi nggak ada salahnya sedikit mengkritik. Toh tujuannya bukan untuk menjelekkan atau menjatuhkan panitia melainkan untuk kebaikan kita bersama.

Kendati ada kekurangan tetap saya pribadi membawa berjuta hikmah dan kebahagiaan yang bisa dibawa pulang.

@Anonim apakah ikutan PB kemarin?

Iman mengatakan...

@Dhodie, ane kurang setuju jika bersikap seolah PB2009 penuh dengan kesalahan hingga kita perlu memaafkannya.

Secara obyektif kita tetap harus melihat dibalik segala kekurangsempurnaannya PB2009 ini juga banyak membawa kebaikan untuk kita semua (baca = blogger)

Tetap semangat dan dukung untuk PB yang lebih baik :)

morishige mengatakan...

pada prinsipnya kan pesta blogger ini dari blogger, oleh blogger, dan untuk blogger. jadi, harap maklum karena penyelenggaranya blogger.

panitia kebanyakan bukanlah seorang blogger full-time. masing2 dalam kehidupan nyata punya pekerjaan dan urusan2 lain yang perlu dikerjakan. dan pikiran mereka bukan cuma PB aja.

tabik untuk panitia!
semoga PB2010 bisa lebih baik. amin!

Iman mengatakan...

@Morish, ane setuju. Bagaimana pun penyelenggara PB ini adalah blogger juga, sesenior apa pun mereka. Mungkin kebanyakan dari kita memang over estimate ya hihihi jadi berharap yang terlalu indah.

tapi tetap bro, kekurangan secara teknis seperti sound system dan pembagian kelas breakout yang di hall di sekat2 itu agak kurang bisa dimaklumi sih.

Moga PB 2010 lebih baik (rock)

Anonim mengatakan...

Berhubung pertama kali datang kesana, apalagi dengan tiket gratis dengan goodie bag segambreng plus ketemu teman-teman yang awalnya cuma didunia online ditambah lagi dapet ilmu-ilmu baru saya senang bisa datang ke Pb 2009, mengenai kekurangan atau hal yang tidak enak saya pikir itu seperti rasa dalam masakan *menambah rasa dalam suatu moment, untuk ditambah atau dikurangin bumbu lain di Pb berikutnya*
he he he sepertinya makin ngaco..udahan ah

dhodie mengatakan...

Hmm kalo ente baca baik-baik sih, saia pun berterima kasih atas PB 2009..

For what it's worth... it means saia berterima kasih atas hal-hal baik yang PB lakukan ;-)

antown mengatakan...

iya betul, panji itu tahun lalu kalogak salah ada. sya pernah liat dimanaaa gitu. eh ada postingan anyar tentang sketsa PB 09

eskopidantipi mengatakan...

dua tahun ini baru tahu dan belum pernah ikut PB...

pengin ikut tapi kurang sreg dan masih ada acara lain...

semoga kedepannya lebih baik deh :P)

eskopidantipi mengatakan...

dua tahun ini baru tahu dan belum pernah ikut PB...

pengin ikut tapi kurang sreg dan masih ada acara lain...

semoga kedepannya lebih baik deh :P)

Iman mengatakan...

@Antown, yaoi ane jalan-jalan di blog si Panji ok juga tuh, doi lumayan kritis kayaknya ya :)

Liputan di mana bro?

Iman mengatakan...

@Bro Eskop, rasa penasaran saya mengalahkan segalanya *halah berlebihan hehehe*,

jadi energi ini yang membuat saya akhirnya bergabung di PB 2009 ini. Insya Allah banyak hikmah yang didapat, dari kekurangan yang ada kita bisa perbaiki sama2 ke depan ya bro :)

quinie mengatakan...

kok ga cerita tentang pecellelelela? hihihi kan ada sayah :D. eh ada sayah juga deng di BHI, kita ketemuan juga kan? ada tuh potonya di tempat sayah :)

Iman mengatakan...

Eh iya tuh Quinie, ane bikin tulisan cuma PB nya dowang hehehehe. Hmmm harusnya sampe pelelelela ya. Apa perlu bikin posting baru ya? (thinking)

Wawan mengatakan...

Senang bertemu anda di pesta blogger, dan muktamar blogger.. kalau ada umur sampai jumpa kembali

Iman mengatakan...

@Bro Wawan, wah thanks banget ya udah mau menengok blog sederhana saya. Insya Allah kita ketemu lagi ya.

Nanti ane kunjungan balik ya bro :)

Fahrani Nisrina mengatakan...

wah saya juga ikut tuh , keren banget nyesel ga ikut . seneng dapet kenalan blogger dari banyak tempat :)
lumayan pulang2 bawa barang banyak , hehe

Iman mengatakan...

@Rani, bener nyesel kalo ga ikut walaupun dari segi acara masih banyak kekurangan tapi nggak kalah banyak hikmah yang ternyata bisa dibawa pulang, termasuk goodie bagnya juga lho hehehe.

Salam kenal ya :)